Selasa, 07 Oktober 2014

Kisah Sukses Pebisnis

Percetakan Dan Toko Buku

"PUSTAKA DWIPAR"

Pustaka Dwipar adalah sebuah usaha percetakan yang didirikan pada tahun 2004 silam. Usaha milik keluarga bapak Supardi beserta istri yakni ibu Dwi Sensiardi sudah berdiri hampir 10 tahun lamanya. Usaha yang dulu bermodalkan uang sebesar Rp. 50.000.000, saat ini sudah mencapai omset lebih dari Rp. 300.000.000 per bulannya. Usaha percetakan ini dibentuk atas keinginan bapak Supardi yang memiliki jiwa Interpreneurship yang ingin membangun sebuah usaha untuk dirinya dan juga keluarga.
Nama perusahaan, yakni Pustaka Dwipar diambil dari kedua nama pasangan suami istri pemilik usaha tersebut. Dwipar adalah singkatan dari nama sang istri yakni ibu "Dwi" dan nama sang suami yakni bapak Supardi "Par". Usaha percetakan ini beralamatkan di Jalan Harapan 5 No. 9C Rt. 05/010 kecamatan Kampung Makassar, Jakarta Timur. 
Awalnya usaha yang didirikan oleh bapak Supardi ini hanya bergerak didalam bidang percetakan. Namun seiring kemajuan perusahaan miliknya, beliau mengepakkan sayap perusahaannya ke arah usaha pendirian toko buku yang diberi nama "Pustaka Media" yang sudah memiliki 3 kantor cabang yakni di daerah Pondok Ungu, Kranji, dan juga didaerah Cikarang, Jawa Barat. Selain memperluas bisnisnya kedalam pendirian toko buku, usaha bapak Supardi ini juga menjadi salah satu suplier bagi beberapa toko buku di berbagai daerah di Indonesia.
Didalam membangun usahanya tidaklah semudah yang kita pembaca bayangkan. Pustaka Dwipar milik bapak Supardi ini pernah hampir bangkrut karena pernah mengalami penipuan di tahun 2006 oleh salah satu rekan bisnisnya. Pustaka Dwipar pernah tertipu mendapat pesanan buku yasin sebanyak 200.000 buku kepada salah satu toko buku milik rekan bisnis bapak Supardi. Namun seiring berjalannya waktu dan selesai percetakan, tidak ada kejelasan mengenai pembayaran tunai percetakan buku tersebut.
Namun, sang pemilik tidak patah harapan. Dari awal bisnisnya yang hanya mencetak 200 buku perhari, saat ini sudah naik mencetak menjadi 2000 buku tiap harinya. dari yang awalnya hanya menjadi perusahaan cetak, saat ini sudah memiliki 3 toko buku dan menjadi suplier bagi berbagai toko buku.
Pustaka Dwipar ini memiliki karyawan lebih dari 30 orang. Setiap anak usaha dari Pustaka Dwipar ini dipimpin oleh anak anak dari bapak Supardi. Bapak Supardi memilik 3 orang anak, dimana anak pertama beliau memimpin kantor bidang suplier bagi beberapa toko buku, lalu anak kedua membantu sang ayah menjalankan usaha percetakan di kantor pusat, dan anak terakhir memimpin usaha toko buku didaerah Cikarang, Jawa Barat. 

Berikut adalah daftar perusahaan suplier yang bekerja sama dengan Pustaka Dwipar:
1. Gramedia
2. Gunung Agung
3. Wali Songo
4. 3 Serangkai

Berikut beberapa dokumentasi Pustaka Dwipar:
foto bersama anak ketiga bapak Supardi pemimpin toko buku Pustaka Media cabang Cikarang
foto salah satu buku cetakan Pustaka Dwipar

Semoga artikel ini bermanfaat bloggers.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar