Selasa, 25 November 2014

Menteri BUMN Kabinet Trisakti

MENTERI BUMN KABINET TRISAKTI
IBU RINI SOEMARNO

Pernah bersinar saat membantu Pemerintahan Ibu Megawati Soekarno Putri dan menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan kabinet Gotong Royong tahun 2001-2004, nama Rini Soemarno kembali mencuat kepermukaan saat Presiden Indonesia saat ini, Bapak Joko Widodo untuk menjadi ketua Tim Transisi untuk mempercepat implementasi sembilan program nyata yang dijanjikan Bapak Joko Widodo atau yang dikenal dengan nama "Nawa Cita" dan juga dipilih untuk memimpin pembahasan APBN 2015, mengkaji kelembagaan Presiden, dan membuat struktur kabinet yang dibantu oleh 4 orang deputi yaitu, Andi Widjajanto, Hasto Kristiyanto, Anies Baswedan, dan Akbar Faisal.
Akan tetapi setelah Ibu Rini Soemarno selesai menjalankan tugasnya pada Tim Transisi, namanya semakin dikenal saat beliau menjadi salah satu Menteri kabinet Trisakti milik Jokowi-JK untuk periode 2014-2019 yang dimana beliau menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara atau dikenal dengan sebutan BUMN. Beliau menggantikan posisi Dahlan Iskan yang menjabat Menteri BUMN pada kabinet Indonesia Bersatu Jilid II milik Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 
Akan tetapi, terpilihnya Ibu Rini Soemarno sebagai Menteri BUMN tidak berjalan mulus. Beliau diduga tersangkut berbagai masalah yang membuat dirinya menjadi kontroversial untuk menduduki kursi Menteri saat ini. Banyak dugaan bahwa Ibu Rini Soemarno masuk dalam catatan merah yang telah diterbitkan oleh KPK dan telah diketahui oleh Presiden Joko Widodo karena pernah terjerat kasus korupsi dana BLBI. 
Akan tetapi, dibalik berbagai macam kontroversi yang menjerat dirinya, Ibu Rini Soemarno adalah wanita dengan berbagai prestasi. Beliau pernah menduduki berbagai kursi CEO diberbagai perusahaan termasuk di perusahaan Astra Internasional. Selain itu, Presiden Joko Widodo juga merasa bahwa Ibu Rini Soemarno adalah orang yang gesit, cepat, dan tangguh dalam bekerja.
Lalu, siapakah sosok Ibu Rini Soemarno yang sebenarnya?
Nama lengkap beliau adalah Rini Soemarno, beliau lahir di Marryland Amerika serikat pada tanggal 9 Juni 1958. beliau beragama Islam dan memiliki seorang suami. Beliau menampatkan sekolahnya di Amerika. Ibu Rini Soemarno mendapatkan gelar sarjananya di Universitas Wellesly College Massachuhestts pada tahun 1981. 
Perjalanan karir beliau dimulai menjadi Presiden Komisaris PT Semesta Citra Motorindo, kemudian menjabat pengurus Pinjaman Bank Dunia untuk negara Asia-Afrika, kemudian menjabat Trainee untuk Departemen Keuangan USA, dan City Bank. Kemudian menjabat Asisten Manajer, Manajer, Asisten Vice President, dan Vice President untuk City Bank, kemudian menjabat General Manajer untuk Finance Division, Direktur Keuangan, dan Direktur Utama PT. Astra Internasional, kemudian menjabat Komisaris PT. Agrakom, kemudian menjabat Presiden Direktur PT. Kanzen Motor Indonesia, pernah menjabat Menteri Perindustrian dan Perdagangan untuk periode 2001-2004 dan terakhir menjabat Menteri BUMN untuk periode 2014-2019.
Semoga terpilihnya Ibu Rini Soemarno dapat membuat perubahan untuk Indonesia khususnya untuk kemajuan BUMN agar mampu bersaing dengan perusahaan swasta dan banyak menyerap tenaga kerja bagi WNI serta semakin sukses seluruh BUMN yang ada

Rini Soemarno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar